#super-beeads {margin:0px;padding:0px;text-align:center} #super-beeads img {margin:1px 1px;text-align:center;-webkit-border-radius: 5px;-moz-border-radius: 5px;border-radius: 5px;-webkit-box-shadow: 1px 2px 1px #ccc;-moz-box-shadow: 1px 2px 1px #ccc;box-shadow: 1px 2px 1px #ccc;} #super-beeads img:hover {-moz-opacity: 0.7;opacity: 0.7;filter:alpha(opacity=70);}
WELCOME

Sabtu, 28 Februari 2015

Tata Surya

Tata surya/Galaxy.. Tata Surya Adalah  kumpulan benda langit yang terdiri atas sebuah bintang yang disebut matahari,Planet Planet dan semua objek yang berpusat oleh Matahari..Nama tata Surya kita adalah Bima Sakti (Galaxy Bima Sakti) .Dan Alam semesta ini bukan hanya ada 1 Galaxy saja.. Tetapi Jutaan Atau mungkin Miliaran Galaxy ..Jadi Alam semesta ini Sangat Sanggattt Luass..Apa Saja isi tata surya?

Matahari/Bintang
 Matahari Adalah Pusat Tata Surya..Semua planet di tata surya Mengorbit/mengelilingi matahari (Revolusi)
Sebenernya Matahari Itu adalah bintang. Kenapa Di sebut bintang? Karena Dia memiliki Cahaya tersendiri.. Bintang itu bukan hanya matahari .. pernahkah kamu melihat bintang bintang di langit ketika malam hari? Terlihat Sangat kecil bukan? Sebenernya.. Ukuran Bintang Bintang itu Sangat besar mungkin bisa melebihi Matahari,Hanya saja mereka letaknya Sangat jauh , Jadi terlihat sangat kecil dari bumi..

Gambar Diatas adalah Sebuah bintang yang sesungguhnya,yang bernama Rigel.Jika Di Bandingkan Dengan matahari..Mungkin Harus 100x Lebih Matahari Untuk menyamai ukuran Bintang ini..Jumlah Bintang sangat banyak sehingga tak terduga..

Planet
 Planet adalah benda astronomi yang mengorbit sebuah bintang atau sisa bintang yang cukup besar untuk memiliki gravitasi sendiri, tidak terlalu besar untuk menciptakan fusi termonuklir, dan telah "membersihkan" daerah sekitar orbitnya yang dipenuhi planetesimal.Planet Dibagi menjadi Dua macam. Yaitu Planet Dalam dan planet Luar Yang di pisahkan Oleh asteroid Antara Jupiter Dan Mars.. Planet Dalam Yaitu: Merkurius,Venus,Bumi,Dan Mars, Dan Planet Luar:Jupiter,Saturnus,Uranus,Neptunus.Seiring Perkembangnya Teknologi Manusia.diketahui Sebenernya bukan hanya 8 Planet saja Di tata Surya ini.Mungkin Puluhan Bahkan Ratusan Yang Manusia tidak ketahui...Kata planet sudah lama ada dan memiliki hubungan sejarah,sains,mitolosgi dan agama. Oleh peradaban kuno, planet dipandang sebagai sesuatu yang abadi atau perwakilan dewa Seiring kemajuan ilmu pengetahuan, pandangan manusia terhadap planet berubah. Pada tahun 2006, Persatuan Astronomi Internasional (IAU) mengesahkan sebuah resolusi resmi yang mendefinisikan planet di Tata Surya. Definisi ini dipuji namun juga dikritik dan masih diperdebatkan oleh sejumlah ilmuwan karena tidak mencakup benda-benda bermassa planet yang ditentukan oleh tempat atau benda orbitnya. Meski delapan benda planet yang ditemukan sebelum 1950 masih dianggap "planet" sesuai definisi modern, sejumlah benda angkasa seperti Ceres,Palass Juno,Vesta (masing-masing objek di sabuk asteroid Matahari), dan Pluto (objek trans-Neptunus yang pertama ditemukan) yang dulunya dianggap planet oleh komunitas ilmuwan sudah tidak dipermasalahkan lagi.


Satelite alami
 Satelite alami adalah benda-benda luar angkasa bukan buatan manusia yang mengorbit sebuah planet atau benda lain yang lebih besar daripada dirinya, seperti misalnya Bulan adalah satelit alami Bumi. Sebenarnya terminologi ini berlaku juga bagi planet yang mengelilingi sebuah Bintang, atau bahkan sebuah bintang yang mengelilingi pusat galaksi, tetapi jarang digunakan. Bumi sendiri sebenarnya merupakan satelit alami Matahari..
5 Satelit alami terbesar yang pernah ditemukan manusia adalah: Ganymede (Jupiter), Titan (Saturnus), Callisto (Jupiter), Io (Jupiter), serta Bulan (Bumi).

Asteroid(Planetoid)
 Asteroid adalah Planet-planet Kecil yg membentuk gugusan tersendiri dan mengelilingi matahari.Jumlahnya hampir sekitar 40.000 buah mungkin lebih..Letaknya di antara planet Jupiter Dan Mars,Sedangkan bagian asteroid disebut planetoid


Komet
 Komet adalah benda langit yang mengelilingi matahari dengan garis edar berbentuk longjong atau parabolis atau hiperbolis.Contoh Komet yang pernah muncul:
-Keluuarga Jupiter,Muncul Setiap 5-10 tahun sekali
-Komet Halley,Muncul Setiap 76 tahun
-Komet Encke yang muncul setiap 3,3 tahun

Atmosfir
 Atmosfer adalah lapisan gas yang melingkupi sebuah planet, termasuk bumi, dari permukaan planet tersebut sampai jauh di luar angkasa. Di bumi, atmosfer terdapat dari ketinggian 0 km di atas permukaan tanah, sampai dengan sekitar 560 km dari atas permukaan bumi. Atmosfer tersusun atas beberapa lapisan, yang dinamai menurut fenomena yang terjadi di lapisan tersebut. Transisi antara lapisan yang satu dengan yang lain berlangsung bertahap. Studi tentang atmosfer mula-mula dilakukan untuk memecahkan masalah cuaca, fenomena pembiasan sinar matahari saat terbit dan tenggelam, serta kelap-kelipnya bintang. Dengan peralatan yang sensitif yang dipasang di wahana luar angkasa, kita dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang atmosfer berikut fenomena-fenomena yang terjadi di dalamnya.

Atmosfer Bumi terdiri atas nitrogen (78.17%) dan oksigen (20.97%), dengan sedikit argon (0.9%), karbondioksida (variabel, tetapi sekitar 0.0357%), uap air, dan gas lainnya. Atmosfer melindungi kehidupan di bumi dengan menyerap radiasi sinar ultraviolet dari matahari dan mengurangi suhu ekstrem di antara siang dan malam. 75% dari atmosfer ada dalam 11 km dari permukaan planet.

Atmosfer tidak mempunyai batas mendadak, tetapi agak menipis lambat laun dengan menambah ketinggian, tidak ada batas pasti antara atmosfer dan angkasa luar.

Demikian Informasi tentang Tata surya yang saya tau ..Karena Saya suka dunia Astronomi..Semoga bermanfaat bagi anda semua :) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar